Sambutan Bupati Bogor Dalam Rangkaian Acara Temu Bisnis Tahun 2017

BAPAK DAN IBU PESERTA TEMU BISNIS SEKTOR PARIWISATA YANG SAYA HORMATIPUJI DAN SYUKUR MARILAH KITA PANJATKAN KE HADIRAT ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA, KARENA BERKAT LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, PADA KESEMPATAN INI KITA DAPAT BERSAMA-SAMA MENGIKUTI ACARA TEMU BISNIS, KEGIATAN KOORDINASI DAN KERJASAMA DI BIDANG PENANAMAN MODAL DENGAN INSTANSI PEMERINTAH DAN DUNIA USAHA DENGAN TEMA POTENSI DAN PELUANG INVESTASI PARIWISATA DI KABUPATEN BOGOR. TERLEBIH DAHULU PERKENANKANLAH SAYA ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN BOGOR MENGUCAPKAN “SELAMAT DATANG” KEPADA PARA NARASUMBER, MODERATOR, PARA KEPALA SKPD ATAU YANG MEWAKILI, SERTA PARA UNDANGAN LAINNYA YANG TELAH BERKENAN HADIR PADA KESEMPATAN INI, DISERTAI UCAPAN TERIMA KASIH ATAS KESEDIAANNYA UNTUK BERKONTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK INVESTASI PARIWISATA KABUPATEN BOGOR MELALUI ACARA TEMU BISNIS INI. KITA MENARUH HARAPAN YANG BESAR TERHADAP PELAKSANAAN TEMU BISNIS INI, MENGINGAT PERTEMUAN INI BERTUJUAN MEMPERTEMUKAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN PARA PELAKU USAHA UNTUK MEMBANGUN KOORDINASI, SINKRONISASI DAN SINERGITAS PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN, SEHINGGA PADA GILIRANNYA NANTI AKAN TERCIPTA SINERGITAS PROGRAM DAN KEGIATAN INVESTASI YANG SALING MENGUATKAN SATU SAMA LAIN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN BOGOR. 

HADIRIN YANG SAYA HORMATIPERLU KIRANYA SAYA SAMPAIKAN BAHWA MENGAPA TEMU BISNIS KALI INI MENGETENGAHKAN POTENSI DAN PELUANG INVESTASI PARIWISATA KARENA KABUPATEN BOGOR MERUPAKAN BAGIAN DARI SISTEM PERKOTAAN NASIONAL DAN MEMILIKI FUNGSI UTAMA SEBAGAI HINTERLAND KOTA JAKARTA, JASA PERDAGANGAN SKALA LOKAL, SENTRA PRODUK-PRODUK PERTANIAN, SERTA MERUPAKAN KAWASAN HULU PENGENDALI BANJIR JAKARTA, SEHINGGA KEGIATAN EKONOMI KABUPATEN BOGOR HARUS TETAP MEMPERHATIKAN ASPEK PELESTARIAN LINGKUNGAN. BANYAK KEINDAHAN ALAM YANG DIMILIKI KABUPATEN BOGOR, BAIK BERUPA PEGUNUNGAN, SITU, SUNGAI, CURUG, GUA, MAUPUN SITUS SEJARAH, SEHINGGA DENGAN DAYA TARIK YANG DIMILIKINYA, PENGEMBANGAN PARIWISATA MENJADI FOKUS UTAMA SELAIN UMKM YANG PERLU DIKEMBANGKAN DI KABUPATEN BOGOR.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI, BEBERAPA POTENSI DAN PELUANG INVESTASI SEKTOR PARIWISATA YANG KAMI TAWARKAN DI ANTARANYA ADALAH :

  1. KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA CIBINONG DAN PENGEMBANGAN SITU FRONT CITY.

PEMBANGUNAN ATAU PENGEMBANGAN PARIWISATA KECAMATAN CIBINONG MENJADI PRIORITAS PEMERINTAH KABUPATEN BOGOR, SEKALIGUS UNTUK MENYELAMATKAN LINGKUNGAN HIDUP KHUSUSNYA PELESTARIAN SITU-SITU YANG ADA DI KECAMATAN CIBINONG. KABUPATEN BOGOR MEMILIKI 8 (DELAPAN) BUAH DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS), 201 MATA AIR. DAN 95 SITU. TUJUH BELAS SITU DI ANTARANYA TERDAPAT DI WILAYAH CIBINONG RAYA, SERTA TERDAPAT 8 SITU DI KECAMATAN CIBINONG. POTENSI SITU INILAH YANG MENJADIKAN JATIDIRI KOTA ATAU CITY BRANDING DAN YANG MEMBEDAKAN KOTA CIBINONG DENGAN KOTA LAINNYA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAERAH. SITU FRONT CITY AKAN BERPERAN SEBAGAI WAJAH KOTA DAN PUSAT RUANG TERBUKA HIJAU, PUSAT KEGIATAN OUTDOOR MASYARAKAT (PUBLIC OPEN SPACE), AREA PENGEMBANGAN SARANA REKREASI DAN WISATA, MAUPUN AREA FASILITAS INFRASTRUKTUR PUBLIK. SITU JUGA DAPAT DIMANFAATKAN SEBAGAI FASILITAS OLAHRAGA AIR, SALAH SATUNYA ADALAH OLAHRAGA DAYUNG, SEIRING DENGAN RENCANA PEMBANGUNAN TRACK DAYUNG YANG LOKASINYA DI SODETAN ANTARA SITU KABANTENAN DAN SITU CIKARET SEHINGGA KONSEP SITU FRONT CITY MENGISYARATKAN SITU SEBAGAI JANTUNG KOTA. SEBAGAI DAYA TARIK PENUNJANG YANG TELAH ADA DI ANTARANYA ADALAH RAISER IKAN HIAS, CIBINONG CITY MALL, WISATA KULINER MALAM TEGAR BERIMAN, STADION PAKANSARI, DAN SITU-SITU LAINNYA.

      2. KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA TAMANSARI

DENGAN DAYA TARIK WISATA UTAMA YAITU CURUG NANGKA, KAMPUNG BUDAYA SINDANGBARANG, DAN SUKAMANTRI CAMPING GROUND, DISERTAI DAYA TARIK PENUNJANG BERUPA SITU TAMANSARI DAN PURA PARAHIYANGAN JAGATKARSA, TENTUNYA INI DAPAT MENJADI PELUANG PENGEMBANGAN WISATA BAGI PARA INVESTOR UNTUK MENANAMKAN MODALNYA DI WILAYAH TAMANSARI.

      3. KAWASAN TAMAN WISATA TERPADU ATAU TWT TANJUNGSARI.

HASIL STUDI KELAYAKAN TWT TANJUNGSARI MENUNJUKKAN BAHWA RENCANA INI MERUPAKAN ALTERNATIF BERINVESTASI BAGI PARA INVESTOR DI SEKTOR PARIWISATA. DENGAN LUAS LEBIH DARI 95 HEKTAR DI KAWASAN TERSEBUT SECARA ALAMI TERDAPAT HUTAN, PANORAMA ALIRAN AIR SUNGAI CIBEET YANG INDAH, CURUG NYALINDUNG DAN CILOSE YANG MENIMBULKAN BUNYI AIR MENGIRINGI HEWAN LIAR DAN ANGIN HUTAN, SERTA RUSA YANG MENJADI ICON  TAMAN WISATA TERPADU TANJUNGSARI.

      4. PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KREATIF

DESTINASI WISATA KREATIF MELIPUTI KEC. GUNUNG PUTRI, CILEUNGSI, KLAPANUNGGAL, JONGGOL, CARIU, SUKAMAKMUR DAN TANJUNGSARI. DESTINASI WISATA KREATIF MEMILIKI 3 KAWASAN PENGEMBANGAN PARIWISATA, YAITU KPP GUNUNG PUTRI, KPP TANJUNGSARI DAN KPP SUKAMAKMUR DENGAN TIDAK KURANG DARI 28 DAERAH TUJUAN WISATA. DARI KETIGA KPP PADA DESTINASI WISATA KREATIF, DISUSUN 7 BUAH CLUSTER, MELIPUTI : 3  CLUSTER DI KPP GUNUNG PUTRI, 3  CLUSTER DI KPP TANJUNGSARI, DAN 1  CLUSTER DI KPP SUKAMAKMUR. CLUSTER-CLUSTER TERSEBUT TENTUNYA MERUPAKAN PELUANG INVESTASI PARIWISATA BAGI PARA INVESTOR DI KABUPATEN BOGOR.

      5. WISATA ALAM PERHUTANI DAN GUNUNG HALIMUN SALAK

SELAIN POTENSI DAN PELUANG YANG TELAH SAYA SEBUTKAN TADI, KABUPATEN BOGOR JUGA MEMILIKI PELUANG INVESTASI BERUPA WISATA ALAM PERHUTANI DAN GUNUNG HALIMUN SALAK YANG AKAN DAPAT DIJELASKAN LEBIH LANJUT OLEH NARASUMBER DARI PERHUTANI DAN TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK YANG TELAH HADIR BERSAMA KITA DI SINI.

HADIRIN YANG SAYA HORMATIKEPADA PARA INVESTOR YANG HADIR PADA FORUM YANG BERBAHAGIA INI, SAYA SELAKU BUPATI BOGOR  BERKOMITMEN UNTUK MEMBERIKAN KEAMANAN BERINVESTASI DAN KEMUDAHAN BERUSAHA KEPADA SELURUH INVESTOR DAN CALON INVESTOR DENGAN PELAYANAN YANG TRANSPARAN DAN TEPAT WAKTU DISERTAI SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN DAN SANTUN. JIKA BISA DIPERCEPAT, MENGAPA DIPERLAMBAT. JIKA BISA DIPERMUDAH, MENGAPA DIPERSULIT. DAN JIKA BISA GRATIS, MENGAPA BERBIAYA. OLEH KARENANYA, PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, SAYA MENGAJAK BAPAK DAN IBU UNTUK BERINVESTASI DI KABUPATEN BOGOR. KABUPATEN BOGOR MERUPAKAN PILIHAN YANG TEPAT UNTUK BERINVESTASI KARENA DAPAT MENDORONG PERTUMBUHAN USAHA BAPAK DAN IBU SEKALIAN. SEMOGA ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA SENANTIASA MEMBERIKAN BIMBINGAN SERTA PETUNJUK-NYA KEPADA KITA SEKALIAN.

DAN DENGAN MENGHARAP RIDHA-NYA, ACARA TEMU BISNIS SEKTOR PARIWISATA INI DENGAN RESMI SAYA BUKA.

BILLAHITTAUFIQ WAL HIDAYAH,

WASSALAMU ’ALAIKUM WR.WB.

 

 

 BUPATI BOGOR

NURHAYANTI, SH, MM, M.Si

 

Berita Lainnya :

Jadwal Safari Pelayanan Perizinan DPMPTSP Kabupate... Jadwal Pelaksanaan Safari Pelayanan Perizinan Tahun 2017   Didasari dengan kondisi geografis serta luasnya wilayah Kabupaten Bogor sehingga be...
Laporan Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bogor Dalam... SYUKUR ALHAMDULILLAH, SEGALA PUJI MARILAH KITA PANJATKAN KE HADIRAT ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, KITA MAS...
Manual Pendaftaran Perizinan Online DPMPTSP Kabupa... Manual Pendaftaran Perizinan Online http://optimis.bogorkab.go.id
Pelaksanaan “Pelayanan 4 Jam Selesai” ... Dalam rangka meningkatkan Pelayanan Perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor pada Tahun 2017 mengadakan Progr...